Efek Samping Facebook

TUGAS MAKALAH
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012

Nama : Fachri Adhityo Pambudi
Kelas : 1KB04
NPM : 22112594

 

KATA PENGANTAR

 

 

Segala puji bagi Allah SWT , Robbil alamin, puji dan syukur bagi-Nya yang telah melengkapi dan mencukupkan nikmatNya dan solawat semoga tetap berlimpah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW  yang telah di utus Allah SWT sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia .

 

Alhamdulillah penulis dapat menyelesaIkan makalah ini dengan tema “Efek Samping Facebook” untuk  memenuhi tugas  ILMU SOSIAL DASAR yang masih banyak kesalahan  dan kekurangan dalam makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini penulis memperoleh bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis ingin Berterima kasih kepada  Tim Dosen ISD. Mengingat kemampuan penulis yang sangat terbatas maka penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini banyak terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun guna kesempurnaan makalah ini di masa yang akan datang dan bermanfaat buat kita semua.

 

 

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I          PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

1.2 Identifikasi Masalah

1.3 Tujuan Penulisan

BAB II         ISI

2.1 Sejarah

2.2 Facebook

2.3 Efek Positive Dari Facebook

2.4 Efek Negative Dari Facebook

 

BAB III       PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

BAB I          PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

 

1.2 Identifikasi Masalah

Didalam penulisan makalah ini, penulis akan mencoba untuk menanggapi masalah-masalah yang timbul di facebook.

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan umum :

–          Mengidentifikasi masalah yang timbul di facebook

–          Menyelesaikan masalah-masalah yang ada

–          Mempelajari dan memahai dari suatu masalah yang di hadapi

 

BAB II         ISI

2.1 Sejarah

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan “foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi”.

 

 

Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.

Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki “buku wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.

Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.[21] Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

2.2 Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.

 

2.3 Efek Positive Dari Facebook

Dampak positif Siswa menggunakan facebook :

1. Facebook dapat menambah wawasan siswa tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.

2. Facebook membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang didekatnya.

3.   Selain mendapat teman baru, siswa juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan.

4.  Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.

5.   Pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.

6.    Mempererat silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.

7.   Mengetahui potensi diri, dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa siswa sebenarnya. Namun, siswa juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan.

8.   Media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.

9.   Sarana diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

10. Tempat curhat, ketika siswa sedang mendapatkan masalah, siswa  tinggal mengupdate status facebooknya dengan masalah yang sedang kita hadapi,  jika ada orang yang peduli, orang tersebut akan memberi komen yang isinya memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.

2.4 Efek Negative Dari Facebook

Dampak negatif Siswa menggunakan Facebook :

1.  Membuat siswa menjadi malas belajar, tidak mengerjakan tugas,  karena selalu ingin tahu status teman-temannya.

2.  Lebih banyak waktu yang terbuang sia – sia untuk hal yang kurang bermanfaat contoh chatting.

3.  Boros. Artinya, siswa dapat menghabiskan uangnya untuk online berjam – jam.

4.   Menjadi ketergantungan dengan facebook.

5.  Kualitas pertemuan face to face dengan sesama anggota keluarga semakin berkurang, sehingga menimbulkan perasaan terabaikan.

6.   Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, karena namanya dunia maya, dunia tanpa batas, sehingga siswa bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.

BAB III       PENUTUP

A. Kesimpulan

Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang dapat menambah wawasan, dan dapat menambah teman baru yang mungkin tidak anda kenal sebelumnya.

B. Saran

1. Dalam menggunakan facebook, siswa harus dapat membatasi waktu, agar aktivitas lainnya tidak terganggu terutama belajar.
2. Dengan facebook diharapkan siswa dapat menggunakannya untuk menyalurkan kreativitas dan bakat, misalnya : menulis puisi, membuat cerita humor lucu dan membuat artikel maupun bertukar informasi mengenai pelajaran.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://yohana10.wordpress.com/2010/02/25/dampak-facebook-bagi-siswa/
id.wikipedia.org/wiki/Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s